Minggu, 14 April 2019

author photo

Bagi Anda yang suka berselancar di internet pasti tidak asing dengan adanya landing page. Landing page adalah sebuah halaman yang digunakan untuk mendapatkan konversi pada sebuah website. Mari mengenal apa itu Landing Page selengkapnya berikut ini!

Mengenal Apa Itu Landing Page, Jenis, Dan Cara Kerjanya

Pengertian Landing Page
Landing Page adalah sebuah halaman dimana hanya bisa dibuka oleh user apabila user mengklik sesuatu terlebih dahulu. Apabila halaman situs web pada umumnya berisi menu dan link, Landing Page digunakan untuk mengarahkan user agar melakukan sesuatu yang lebih spesifik.

Walaupun berada dalam situs web yang sama namun sebenarnya Landing Page dibuat secara terpisah dengan tujuan spesifik. Hal ini bertujuan untuk "menjauh" dari link atau menu utama. Landing page pada umumnya berorientasi pada action yang dilakukan pengunjung atau user untuk pencapaian konversi.
Landing page dan cara pembuatannya
Landing page dan cara pembuatannya


Jenis Landing Page
Click Trough adalah jenis Landing Page yang memiliki informasi detail mengenai suatu produk sebagai penawaran pengunjung atau pelanggan. Halaman ini pada umumnya terdiri dari "call to action" yang terhubung dengan halaman transaksi atau registrasi.

Lead Generation adalah landing page yang dirancang untuk mengumpulkan lead secara langsung. User dapat melakukan konversi tanpa harus berpindah ke halaman berbeda. Jenis halaman ini cocok untuk transaksi yang tidak memiliki risiko, diantaranya memberikan kupon atau news-letters berhadiah.

Mengapa Harus Menggunakan Landing Page?
Banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan Landing Page. Landing Page berbeda dengan halaman website pada umumnya karena Landing Page dirancang lebih efektif untuk meningkatkan konversi dan engagement user.

Landing Page cocok bagi Anda yang memiliki keperluan SEM (Search Engine Marketing) dan kampanye dalam berbisnis di media sosial. Hampir semua konversi yang ada di Landing Page dapat memberikan peningkatan spesifik pada perkembangan bisnis Anda.

Untuk Apa Saja Landing Page Digunakan?
Landing Page adalah sebuah halaman yang digunakan untuk kebutuhan kampanye dalam berbisnis, email marketing, memasang iklan dan lain sebagainya. Halaman ini memiliki fokus untuk mengajak pengunjung atau user melakukan call to action.

Landing Page dapat digunakan untuk berbisnis mengunduh e-book, registrasi, RSVP untuk event-event tertentu, mempelajari produk atau jasa baru, registrasi untuk mendapatkan demo atau trial, klaim penawaran produk dan lain sebagainya.

Bagaimana Cara Membuat Landing Page?
Anda dapat menyewa orang untuk membuat Landing Page untuk Anda atau membuat sendiri  menggunakan Word Press dan plugin untuk Landing Page. Setelah itu usahakan untuk memperoleh traffic dengan jalur organik SEO maupun iklan berbayar.

Jangan lupa untuk melakukan perhitungan mengenai efektifitas Landing page dan traffic untuk melihat kualitas konversi. Semoga penjelasan mengenal apa itu Landing Page ini berguna untuk Anda. Selamat mencoba!

Next article Next Post
Previous article Previous Post