Tuesday, September 25, 2018

author photo

Selamat datang di situs sederhana saya, taukah anda kegunaan atau fungsi Resistor basis yang ada di TR final?  banyak orang yang mengabaikan resistor basis tersebut namun banyak juga yang suka menggantinya secara asal-asalan.


Resistor basis pada tr final power amplifer berguna sebagai sekring bila terjadi short/kerusakan diakibatkan over dll, resistor tersebut akan mambantu mangamankan tr final agar tidak sampai jebol, hal itu terjadi sendiri pada power amplifier saya.

Sebelum mengganti baiknya cari dulu informasi mengenai kegunaan resistor basis tersebut,mungkin salah satu dari anda ada yang pernah menggantinya dengan resistor dengan nilai yang lebih besar, Itu SALAH besar.

Mengganti resistor basis pada final dengan nilai yang lebih besar akan membuat power menjadi low pass filter.  karena pada dasarnya resistor basis pada tr final berfungsi sebagai komponen yang membatasi arus.

Maksimal menggunakan resistor basis 10ohm, itu pun kebanyakan ada di power kecil karena untuk power build up biasanya menggunakan resistor basis dengan nilai lebih kecil yaitu 3.3ohm saja.

Resistor basis bahkan juga banyak yang tidak menggunakanya karena TR final match baik dari sisi hfe maupun volt basis emitter yang biasanya.

Jadi mengganti resistor basis dengan nilai lebih besar adalah  tindakan salah,karena akan membuat tr final tidak akan bekerja secara maksimal, bahakan jika power anda tidak terlalu besar volt travonya tidak menggunakan resistir basis tidak apa-apa malah suara akan lebih nendang.

Terkecuali jika anda sudah menggunakan high voltase atau tegangan tinggi baiknya enggunkan resistor basis agar tidak terjadi hal fatal pada TR. akan lebih bagus jika watt resistor diganti dengan yang lebih besar misal 2watt.
 

Next article Next Post
Previous article Previous Post