Friday, July 20, 2018

author photo

Daftar isi [Tampil]
Salah satu tujuan dari penggunaan speaker TOA adalah untuk mendapatkan frekuensi middle yang sempurna. Dengan begitu mid yang dihasilkannya pun memiliki jangkauan yang jauh dan lantang. Tidak heran jika pada akhirnya banyak pula yang menggunakan speaker TOA tersebut.
Menggunakan TOA Agar Mid Jauh dan Lantang
Menggunakan TOA Agar Mid Jauh dan Lantang

Tapi tahu nggak sih, bahwa ternyata penggunaan speaker TOA agar mid jauh dan lantang ini menjadi perbincangan oleh banyak orang, tentunya ada yang pro dan ada pula yang kontra. Bahkan banyak juga yang masih bingung kenapa harus menggunakan speaker TOA dan apa saja keistimewaannya.

Menggunakan TOA Agar Mid Jauh dan Lantang

Speaker TOA ini adalah jenis speaker yang memiliki bentuk seperti corong dan biasanya banyak digunakan di masjid – masjid. Speaker TOA memiliki input daya listrik antara 25 – 50 watt. Yang mana input daya 25 watt pada speaker TOA tersebut biasanya digunakan di masjid berukuran kecil – sedang. Sementara itu untuk input dengan daya listrik 50 watt sendiri digunakan pada masjid berukuran besar. Salah satu hal istimewa yang ditawarkan speaker TOA, khususnya untuk input daya listrik 25 watt yakni speaker tersebut sanggup terdengar hingga radius 500 meter dari titik speaker berada.

Radius suara yang dihasilkan speaker TOA ini bahkan bisa saja bertambah hingga jarak 1 kilometer saat ada di daerah yang tenang, namun demikian kualitas suaranya biasanya relatif kurang jelas. Jika dibandingkan dengan jenis speaker biasa yang hanya memiliki nilai input daya listrik sebesar 125 watt dan sanggup terdengar di jarak 15 – 50 meter, maka speaker TOA ini benar – benar menjadi salah satu yang paling unggul. 

Selain memiliki keunggulan frekuensi jangkauan yang jauh, harga speaker TOA ternyata relatif lebih terjangkau. Rata – rata untuk 1 buah speaker TOA dijual dengan kisaran harga Rp 600 ribu rupiah. Tetapi speaker dengan jenis ini memilii kelemahan, yakni bising. Untungnya speaker TOA tersebut memiliki frekuensi suara yang cukup bagus yakni antara 200 Hz – 6.000 Hz, atau setara dengan 0.2 kHz – 6 kHz.

Speaker TOA untuk Musik

Untuk mendapatkan suara jauh mungkin speaker TOA ini bisa diandalkan, namun untuk musik apakah bagus? Mari lihat komentar - komentar para pecinta sound system berikut.


Pertanyaan ditanyakan oleh:

Icha: hehe. maaf ni oot. ada yang pernah coba belum, speaker TOA+corongnya dimasukin ke box untuk menghasilkan suara midle pada sound sistem lapangan

Jawaban

A1: kl dari suara menurutku ga ada perbedaan dikasih box atau tdk dan toa corong ga bagus buat musik.

A2: Di indramayu banyak ss, arraynya d dlmnya corong toa yg kecil. mid memang lari jauh, tp suaranya ya kaya gitu deh, kurang cling

A3: Ditempat ku ada yg pake toa ditaruh dalam box biar gk keliatan kalau itu toa ,buat freq mid

Next article Next Post
Previous article Previous Post