Sunday, April 1, 2018

Daftar isi [Tampil]
speaker headphone yang biasanya dipasang paralel
Speaker headphone yang biasanya dipasang paralel
Selamat datang kembali di blog sederhana saya, kali ini saya akan berbagi informasi tentang speaker yang di sambung Parallel, bagi yang sudah berpengalaman mungkin sudah tidak perlu lagi membaca artikel saya ini, namun bagi yang belum paham tentang rangkaian parallel akan saya bahas disini.

Baca jugaRangkaian Seri dan parallel terlengkap

Bagi pecinta sound system pasti banyak yang menggunakan speaker yang diseri tanpa mengerti kerja maksimum power ampli ,pada speaker yang dirangkai parallel memang memiliki suara dan tendangan yang lebih mantap, karena speaker yang di parallel akan menghasilkan tenaga dua kali lipat dari suara dan watt power.
Speaker yang dipasang secara paralel

Namun setiap rangkaian parallel ada kelebihan dan kekuranganya ,apa saja kah itu mari simak bersama.

Kelebihan speaker yang diparallel
  1. Jika pada setiap speaker memiliki impendasi 8 OHM x 2 kalau di parallel maka impendasi yang dihasilkan adalah 4OHM, dan kalau power anda mempunyai daya 500watt jika diparallel maka akan menghasilkan daya power 2x lipat alias 1000watt. dan suara yang dihasilkan akan lebih mantap.
  2. Speaker akan bekerja lebih maksimal, rata-rata orang lebih suka mneggunakan Parallel 4 OHM selain mantap juga tidak terlalu membebani power.
  3. Suara yang dihasilkan juga akan jauh jika sebelumnya 8 OHM bisa menjangkau 200meter jika menggunakan 4 OHM bisa menjangkau 400Meter.

Kekurangan Speaker yang di parallel
  1. Power akan bekerja lebih berat karena beban dari speaker yang di parallel.
  2. Power akan cepat panas apalagi bila pendingi dan kipas kurang bekerja akan membuat power ampli jebol alias kebakar.
  3. Speaker bisa putus / mati bisa karena power konsleting, tenaga berlebihan, bisa juga karena speaker satunya lepas jadi speaker harus dipaksa bekerja sendirian.
  4. Power tidak akan bertahan dalam jaka panjang.

NOTE: Speaker Parallel 4 OHM masih direkomendasikan karena masih cukup memnuhi standar keamanan, untuk impendasi 2 OHM akan banyak bermasalah apalagi jika bukan power yang bagus.
Dan pastikan Power ampli anda lebih besar dayanya dibanding speaker. Contoh jika speaker anda berdaya 500watt maka ideal power yang cocok adalah 1000watt. Dan jika speaker 1000watt idealnya power harus 1500-2000watt.

Karena Power ampli yang lebih rendah watt nya dari speaker bisa merusak speaker anda, karena speaker akan bekerja tidak teratur dan mengakibatkan speaker gosong/terbakar, bisa juga karena power ampli yang dipaksakan sehingga mengeluarkan out dc dari ampli ke speaker. dan lebih parahnya lagi kalau power ampli terlalu dipaksakan maka akan terjadi short/konslet pada komponen tertentu yang akan mengakibatkan speaker terbakar karena out dc besar Masuk ke speaker.

Next article Next Post
Previous article Previous Post